Senin, 03 Desember 2012


Sergio Van Dijk, Striker Belanda Berdarah Sunda

Sergio Van Dijk kini tengah dilirik oleh Persib Bandung.
Sergio Van Dijk (foxsports.com)
VIVAbola - Nama Sergio Van Dijk menjadi buah bibir dalam beberapa pekan terakhir. Rumor yang berkembang, penyerang Adelaide United itu akan bergabung dengan klub asal tanah leluhurnya, Persib Bandung.

Van Dijk memang lahir di Assen dan saat ini tercatat sebagai warga negara Belanda. Namun diselidiki dari garis keturunan, ternyata dalam tubuhnya mengalir darah Indonesia khususnya Sunda, yang berasal dari sang nenek.

Semasa kecil, Van Dijk juga pernah tinggal di Lembang, Bandung. Mungkin karena alsan itu Van Dijk kembali ke tanah leluhurnya saat ini, selain kerena dia memang tengah punya urusan dengan Persib.

“Ibunya punya darah Sunda dan sempat tinggal di Bandung. Makanya dia sengaja datang untuk berlibur juga bertemu keluarganya di sini,” ungkap manajer Persib, Umuh Muchtar yang mendampingi Van Dijk selama berada di Bandung.

Darah sunda yang mengalir di tubuh Van Dijk tentu bukan semata-mata menjadi alasan Persib ingin merekrutnya. Namun itu lebih karena pengalaman Van Dijk di liga luar serta kebutuhan 'Maung Bandung' akan sosok bomber maut untuk menghadapi kompetisi musim mendatang.

Van Dijk diketahui memulai karir bersama klub lokal LTC di Assen. Dia lalu masuk ke tim junior Groningen.

Pada 2000 dia berhasil membawa tim utama Groningen naik kasta ke liga utama. Sayang, ketika sudah berada di level teratas, dia gagal mencuri perhatian pelatih dan hanya bisa duduk di bangku cadangan sepanjang musim.

Setahun berselang, Van Dijk hijrah ke Helmud Sport. Selama tiga tahun di sana, dia mencatatkan 87 caps serta 13 gol. Dia lalu melanjutkan kiprah ke Emmen dan menghabiskan tiga musim lagi.

Di 2008 Brisbane Roar meminang Van Dijk. Dia diikat denga kontrak berdurasi dua tahun. 2010 dia kembali hijrah. Tujuannya adalah Adelaide. Di sana lah Van Dijk bersinar terang dengan berhasil menjadi top scorer pada musim 2011 dengan mencetak 16 gol.

Nama: Serginho Van Dijk
Tempat Lahir: Assen, Belanda
Tanggal Lahir: 6 Agustus 1982
Tinggi: 185 cm
Klub sekarang: Adelaide United
Nomor punggung: 9
Klub sebelumnya: Groningen, Helmond Sport, Emmen, Brisbane Roar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar