Kamis, 17 Januari 2013

Anak Indonesia yang berprestasi di dunia

Jack Brown yang menjadi pemenang di ajang The World Final Skill Test 2012 Manchester United Soccer School (MUSS), sontak menjadi pembicaraan publik pencinta sepakbola di Indonesia. Jack yang adalah putra kedua pasangan lintas negara, ibu asli Indonesia, Indah Brown dan Ayah asli Inggris Lance Brown, membuat bangga Indonesia setelah mengaku orang Indonesia ketika bersalaman dengan Alex Ferguson (Fergie) (tribunnews.com).
Keberhasilan Jack ini ibarat air di gurun pasir dalam prestasi sepakbola Indonesia. Langkanya prestasi timnas Indonesia, terakhir gagal di Batik Cup dan Piala Pelajar Asia, membuat publik sepakbola menjadi sumringah mendengar keberhasilan Jack di MUSS. Publik seperti disadarkan bahwa ada pemain muda Indonesia yang punya prestasi tingkat dunia. Sebuah harapan bahwa banyak bibit pemain muda yang bisa terus dijaring.
Jack memang punya prestasi hebat dalam dunia sepakbola. Sebelumnya Jack juga menjadi yang terbaik di Dubai dalam ajang yang sama. Dengan catatan mengkilap di usia belia, Jack memiliki potensi untuk tumbuh menjadi pemain hebat. Namun, sayangnya Jack yang mengidolakan Rooney ini berkeinginan untuk membela Timnas Inggris, bukannya Timnas PSSI.
Sayang memang jika pemain muda sehebat Jack akhirnya tidak mau membela timnas PSSI. Sama seperti pemain klub Italia Cagliari, Radja Nainggolan, yang juga lebih memilih membela timnas Belgia dibandingkan timnas PSSI. Mungkin mereka melihat bahwa menjadi pemain timnas PSSI bukanlah pilihan tepat untuk menjadi pemain hebat.
Ya sudahlah. Yang terpenting, kita bisa sedikit berbangga jika Jack menjadi pemain terkenal. Setidaknya nama Indonesia tetap dibawa dalam dirinya.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar