Kamis, 27 Juni 2013

Reuni Ronaldo-Martunis setelah Delapan Tahun


KUTA - Di sela-sela acara sebagai Duta Penyelamat Mangrove Bali, bintang sepak bola dunia Cristiano Ronaldo mendapatkan momen spesial. Dia bertemu lagi dengan Martunis, pemuda Aceh yang selamat dari bencana tsunami pada 2004. Martunis, yang ketika terjadi tsunami berusia tujuh tahun, selamat setelah terkatung-katung selama 19 hari. 

Martunis ditemukan selamat dengan mengenakan kostum timnas Portugal. Sebuah stasiun televisi Inggris menayangkan momen tersebut sehingga mendapat perhatian luas dunia internasional, terutama dari Federasi Sepak Bola Portugal dan para pemain timnas negeri tersebut.

''Sangat menyenangkan bertemu dia (Martunis) lagi. Dia terlihat tidak jauh berbeda. Saya senang dan bahagia melihat dia. Saya berharap yang terbaik untuk dia,'' ujar Ronaldo dalam konferensi pers di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, tadi malam. 

Ronaldo sempat bertemu Martunis pada pagi hari sebelum acara penanaman mangrove kemarin. Begitu melihat Martunis, kapten timnas Portugal itu mengenali bocah kecil yang pernah ditemuinya. Ronaldo pun langsung memeluk erat Martunis. Sayang, pemain termahal dunia yang membela klub raksasa Spanyol Real Madrid tersebut tidak bisa berbincang lama dengan Martunis. Dia hanya sekilas menanyakan kabar Martunis.

Mertunis mengaku senang bisa kembali bertemu dengan Ronaldo. Pelajar kelas III SMAN 15 Banda Aceh itu tidak menyangka bisa kembali bersua dengan pemain idolanya tersebut. Keduanya kali pertama bertemu pada 2005. Saat itu Martunis dan ayahnya, Sarbini, diundang menemui para pemain timnas Portugal. Pada kesempatan itu Martunis mendapatkan bantuan uang yang kemudian digunakan untuk membiayai sekolahnya.

Martunis juga diberi handphone oleh Ronaldo. Di dalam handphone itu ada nomor telepon para pemain timnas Portugal, termasuk Ronaldo. Sayang, pada tahun yang sama handphone tersebut hilang. "Waktu itu lagi tidur sama Ayah di ruko temannya. Mungkin pas lagi tidur itu diambil handphone-nya," ujar Martunis kepada Jawa Pos. 

Sejak kehilangan handphone tersebut, Martunis putus kontak dengan Ronaldo. Karena itu, dia senang sekali mendapat kesempatan bertemu kembali dengan Ronaldo. Martunis kini sudah 16 tahun. Dia pun meniru model rambut Ronaldo. Dia juga aktif bermain bola dengan membela klub Junior Sakti di Kampung Tibang, Banda Aceh. ''Saya mau jadi pemain bola profesional seperti Ronaldo,'' katanya.

Sebelum acara pencanangan Bali Save Mangrove, Sa
ve Earth di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Badung, Ronaldo bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono di hotel di kawasan Nusa Dua, Bali. Dalam kesempatan itu Ronaldo menyerahkan dua jersey Real Madrid dengan nomor 7. Di dua kaus tersebut sudah ada nama SBY dan Ani. 

Ronaldo mengaku bangga menjadi Duta Penyelamatan Mangrove. ''Ini merupakan suatu kehormatan untuk datang kembali ke Indonesia. Saya senang sekali datang ke Indonesia dan peran saya di Bali pada hari ini (kemarin) dapat memberikan dorongan kepada inisiatif menyelamatkan hutan bakau,'' katanya. 

SBY mengapresiasi kepedulian Ronaldo dalam pelestarian mangrove di Indonesia. Menurut dia, Ronaldo bisa menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia. ''Berikan contoh dan menjadi contoh, saya mengajak semuanya untuk menanam mangrove bersama tamu kita Cristiano Ronaldo,'' ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar